Makanan Khas Cirebon

Gara gara baca di salah satu blog yang membahas soal makanan khas semarang, jadi terinspirasi pengin nulis juga tentang makanan khas Cirebon… bukan mau ikut2an, tapi memang kayaknya perlu di tulis nih di blog tercinta, buat kenang2an suatu saat nanti anak cucu bisa baca blog ini.. halahhhh apaan coba?? hahaha…

Dan juga kali aja ada yang pengin coba kuliner ala Cirebon terus nemu blog ini, jadi bisa baca dan kurleb jadi tahu gambarannya…

Makanan2 khas Cirebon entah kenapa ya, yang biarpun simpel tapi selalu ngangenin (bikin kangenn mksdnya), jadi pengin bolak balik ke Cirebon cuma mau kuliner semata… (cieee pake semata segala bahasanyaa…ckckck :D)

Ini bukan keluarga kita ajah loh yang mengakui, banyak orang yang juga bilang hal yang sama…

Contohnya nihh.., salah satu my big customer, dia tinggal di Solo, orang solo asli, suaminya orang cirebon.. dia juga merasakan hal yang sama.. baru kemarin ini dia bilang gini “Aku ini wong solo asli lohh liana..mamaku juga.., tapi entah kenapa ya, pengennya ke cirebon terus2an..makanannya enak2 sihh yaa.., mana 2 anak ngidamnya kok sama wae..ngidam makanan cirebon..wkwkwk (beliau lagi hamdan anak ke 2.. bela2in tuhh jalan dari Solo – Cirebon cuma mau mangan sega jamblang, tahu gejrot karo kanca kancane.. hehehe..).

 

Baidewei, ini makanan cirebon yang biasa kita kita (aku dan keluargaku) makan…, cekidot guysss😉

1. Nasi Jamblang :

Nasinya dibungkus pake daun jamblang, kecil2, kira kira sekepalan tangan perempuan, tapi tangan perempuan yang kurus loh ya, bukan tangan ibu2 yang gemuk.. hehehe…

jadi kalo makan, pesennya nasinya bisa 2,3,4 atau bahkan 5 bungkus sekaligus (buat cowo nihh), kalo daku sih paling 2 atau 3 bungkus..

Trus yang bikin sedep tuh lauk2nya.. dihampar luas pake meja panjang.. di sajikan dalam baskom2 besar…

lauk2nya muacem muacemmm…, ampe bingung milihnya.. mulai dari ikan asin, tempe goreng, perkedel, tahu semur, sate kentang, telor dadar, sate telor puyuh, kedelai hitam, tahu goreng, sampai belekutak (sontong yang gendut gede itu lohh) dimasak hitam gitu.. yang menurut si hubby muantappp surantap…

tapi dari semuanya itu, yang bikin sedap adalah “Sambel goreng cabe” nya, jadi cabe merah diris2 tipis trs dimasak gitu… hmmmm TOP BGT, jadi ngiler nihhh ngebayanginnya.. wuehehe…

Must try kalo ke Cirebon…

Nasi jamblang yang recommended menurut aku nih ya :

* Nasi jamblang Ibu Nur, tempatnya deket Grage mal kesono lagi (lupa nama jalannya)

* Nasi jamblang Ibu pesek (sebutan keluarga kita aja, nama asli ibunya sih kita gak tahu.. hehehe), jualannya khusus malam aja, di seberangnya Pasar pagi, di emperan toko2 gitu.. yang jual si ibunya hidungnya pesek xixixi.. sekali lagi maappp ya bu, bukan mau ngatain tapi cuma biar kita inget aja..

* Ada lagi Nasi jamblang Mang Dul (kata orang ini yang terkenal, kalo aku sih blm pernah coba)

* Nasi jamblang dekat pelabuhan (namanya kurang tahu), ini juga belum coba.. kemarin mau coba tapi tutup.

Nasi jamblang di depan Grage mall juga banyakkk banget yang jual, berjejer…. tapi nggak semuanya enak lohh, musti milih & tau yang rasanya ‘lumayan”… kalo aku lebih milih makan di ibu nur / ibu pesek, kecuali 2 tempat itu tutup.. ya mau nggak mau dehh..

Harga : Variatif tergantung lauk yang dimakan, kalo nasinya rata2 harga 1500-2500/bks

 

2. Tahu Gejrot :

Tahu digoreng terus diapain nggak tahu deh, soalnya sampe keluar bau khas gitu (kalo yang baru coba sih bilangnya bau pesing.. wkwkwk), tapi kalo yang udah biasa makan bilangnya muaantappp.. malah bikin ketagihan😀

Disajikan dengan gerusan cabe rawit plus bawang merah, kalo yang suka bs ditambah bwg putih juga dan gula jawa dikit.

kelar itu disiram kuah gulanya dehhh…, hmmmmmm…. yummy…😀

tempat tahu gejrot biasa kita makan :

* Tahu gejrot alun2

* Tahu gejrot di pasar pagi

*Tahu gejrot di pasar kanoman

tapi rata2 semua tahu gejrot di cirebon enak kok…🙂

Harga / porsi : IDR 5000

3. Es Duren :

ini juga nggak kalah mantappnya, kelar santap nasi jamblang atau tahu gejrot, lanjut cuci mulut pake Es Duren….. asekkk bangettt….

Es creamnya itu di campur dengan sirup khas cirebon, Sirup Campolay namanya (bener gak ya nulisnya?).. rasa manisnya gak bikin eneg.., es creamnya juga lembut.

Durennya 1 gelas isinya 2-3 biji durian…

Pokoknya Must tray juga dehh hehehe

Es duren biasa kita makan :

* Di alun alun

* Di pasar Pagi

* Biasa di depan nasi jamblang Ibu Nur juga ada yang jual.

Harga per gelas : IDR 7000 – 9000

 

4. Empal gentong & Empal Asem

Kalo ini mahh kedoyanan my hub.. tiap ke cirebon makannya empal gentong trs…

Empal gentong, isinya daging sapi diiris kecil2, mau campur jaroan juga bisa.., trus dipakein kuah kuning (katanya sih pake santen juga dikittt biar gurih), disajikannya dengan nasi putih hangat + sambal cabe tumbuk kering…pasangan yang passs banget….🙂

kalo empal asem, sama isinya daging sapi diiris kecil2, bisa campur jeroan juga, cuma beda di kuahnya aja.. kalo empal asem kuahnya bening, kayak sop buntut / iga gitu deh modelnya.. cuma ada asem belimbingnya diiris kecil kecil. rasanya asem2 seger gitu…cocok banget buat orang penggemar makanan asem pedesss…🙂

Yang jual empal gentong biasa kita makan :

* Yang terkenal empal gentong mang darma (banyak cabangnya nih, di plered ada, depan grage mall juga ada, lainnya juga ada cuma gak hafal nama jalannya). Yang paling enak katanya empal gentong ibu darma (istrinya)

* Empal gentong pasar kanoman, aku paling suka ya yang disini ini..

* Di plered, sepanjang jalan banyak yang jual empal gentong & empal asem.

Harga : sekitar IDR 12000 -15000 / porsi udah termasuk nasi putih

 

5. Mie Koclok

Mie kocloknya beda lohh bukan seperti mie koclok bandung.. mie kocok bandung kan mirip2 bakso cuma pake kikil.

kalo mie koclok cirebon kuahnya kental, pake santan, jadi gurih rasanya..

isinya : mie kuning, suwiran ayam, irisan telur rebus terus disiram kuahnya yang kental & gurih.. amboiii lezatnyaaaa…😀

Ini juga salah satu favorit my hubby di cirebon.. gak bosen bosennn makan mie koclok terus… ckckck

Yang jual mie koclok biasa kita makan :

* Mie koclok depan Yogya Dept Store (pasar pagi), tempatnya kecil tapi larisssnya ampun2.., buka jam 4 sore, jam 8 malem udah ludess

* Mie koclok deket rel kereta api

* banyak juga yang jual mie koclok, cuma kita blm pernah coba

Harga : sekitar IDR 10000 – 15000 an

 

6. Bubur Sop Ayam

Kalo di cirebon bukan bubur ayam, tapi bubur sop ayam yang khas.. walopun bubur ayam juga ada yang jual sihh..

Bubur sop ayam itu  adalah bubur nasi yang di kuahin pake sop ayam.. jadi berkuah gitu lahh… yummy lohh..

yang  jual bubur sop ayam :

* Di pasar pagi (sampingnya, yang ada jalan kecil)

* tempat lain juga ada cuma belum pernah coba

 

7. Nasi lengko :

Nasi lengko mirip2 ketoprak jakarta rasanya…

Isinya : nasi putih, dikasih irisan tempe, tahu goreng, tauge rebus plus daun kucai yang diiris halus, terus disiram sambel kacang.. terakhir ditaburi bawang goreng.. wanginyaa menggugah selera lohh.. hehehe

biasanya yang jual nasi lengko, jual sate kambing juga… karena cocok juga dimakan bersama2 sate kambing.

Tempat yang jual nasi lengko biasa kita makan :

* Pasar pagi (samping yang ada jalan kecil)

* Jalan depan pasar pagi, ada jalanan (kalibaru kalo gak salah namanya), ada yang jual nasi lengko dipinggir jalan… lezatttt bener tuh nasih lengko disitu..

* Di pasar kanoman juga ada yang jual

Harga : sami mawon.. murahhh, hanya sekitar IDR 7500-12000

 

8. Sate Kambing 

Cirebon juga terkenal dengan sate kambingnya..

dagingnya empuk dan bumbunya juga yummy.. mungkin karena pake kecap khas cirebon kali ya…

Biasa kita makan sate kambing yang di pasar pagi

Harga : lupaaa hehehe, soalnya yang bayar biasanya si hubby sih..

 

9. Krupuk Mars :

Cemilan yahudd nih, kedoyanan aku..

tiap ke cirebon udah pasti pertama kali yang dicari krupuk ini.. dan pas mau pulang gak lupa pasti boronggg banyak2 buat nyemil di jakarta..

krupuknya lebar2, digoreng pake pasir, bukan pake minyak.., ada yang putih polos semua, ada yang campur warna (pink, kuning dan putih)

trus yang unik rasanya ada yang manis, ada yang asin.. plus ada bau dan rasa terasinya… unikkk deh pokoknya..

Di daerah puncak suka ada yang jual krupuk macem gini.. tapi bukann itu lohh.. rasanya mahh sangat sangat bedaaa..

Yang jual krupuk mares :

* Yang enak tuh Mereknya “ARIEF”, belinya di dalem pasar pagi (dipinggir, tokonya biasanya jual oleh2 khas cirebon gitu, plus jualan segala macem ikan asin, terasi dll)

* Pasar kanoman juga banyakkk…

Harga : IDR 7500 – 12500 / kantong besar

 

10. Aneka jajanan dan kue kue khas Cirebon

kayak kue pisang tapi pinggir2annya pake kelapa (tahu namanya apa), kue apem, kue lapis, dll

yang jual kue kue gini biasanya di pasar kanoman, tapi musti pagi2, kalo siang udah pada habis

 

11. Pepes Dage :

Pepes dage itu pepes oncom.. dibumbuin pake cabe rawit.. asikk dehh..

makannya pake krupuk putih.. buat yang doyan, bisa ketagihan nih makan pepes dage ini.

Yang jual : di pasar kanoman (ini yang kita tahu enak & banyak orang jakarta beli)

Harga : kurang tahu.. cuma murahh juga kok, paling sekitar IDR 2500-4000 / bks

 

12. Nasi Bogana, Nasi Langgi

Meskipun bukan khas Cirebon, nasi langgi & bogana ada juga lohhh di Cirebon.. yang jual di pasar kanoman..

Nasi langgi & nasi bogana  isinya mirip2 ada sambel goreng iris, tempe orek, suwiran daging ayam opor, telur opor, dan daun kemangi (khusus nasi langgi)

Dijualnya di dalam bungkusan daun pisang (dipincuk)

Harga : sekitar IDR 7500 – 12000

Kayaknya sekian dehh review tentang makanan khas cirebon.. masih banyak sih sebenernya, cuma aku juga blm sempet nyobain, secara waktunya musti yang lamaaa untuk bisa nyobain semua makanan khas cirebon.., kalo cuma 1-2 hari nggak bakalan habis untuk nyobain semuanya..

Contoh makanan khas cirebon lainnya :  gado gado kuah ayam, roti ayam ruby jugaaa… nah ini yang aku belum pernah coba, rencana kalo ke Cirebon lagi kudu coba nihhh…

Tertarik ke Cirebonnnn….??? Hayukkk, jangan lupa ngajak2 aku yaaahh kalo mau kesanaa… hehehehehehe….

4 responses to “Makanan Khas Cirebon

  1. ayeniyy

    nasi jamblang Ibu Nur skr udah pindah di lokasi yg baru,,,,di Jalan Cangkring II no 34 Cirebon….lbh nyaman, dgn parkiran luas….🙂

  2. ayeniyy

    salam kenal juga mba🙂 . eniweei..ini ada link yang bisa dilihat untuk melihat penampakan nasi jamblang ibu Nur yang baru http://t.co/A82ELJ9k . Trimakasyiiii^_^

  3. reni

    sorry mba.. waktu itu saya baca pengalaman mba.. anaknya icel pernah sakit diare amuba
    itu sembuhnya tanoa dirawat di rs ya mba.. mohon infonya.. soalnya anak saya lg kena bakteri itu juga..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: