(Pindahan dari Multiply) – Nano nanonya liburan kali ini

Diposting di MP tanggal 28 Sept 2009

Kupikir2 ceritah yang ini perlu juga dipindahin ke WP karena merupakan salah satu story yang paling berkesan selama perjalananku sebagai seorang IBU dari 2 krucils cewe yang lucu2 dan menggemasskan…😉

——————————–

Dikasih judul nano – nano, karena inget nama permen yang rame rasanya itu tuhh..
Nah liburan kali ini, rasanya seperti itulah.. ramee rasanya, ada pahitnya, ada asemnya.. tapi ada juga manisnya..

yang pasti liburan kali ini sangat.. sangat.. special, karena bener2 beda dari liburan2 sebelumnya.

Pasalnya kali ini kita berlibur & menginap di Hotel Hermina… wakkss.. kenapa bisa nginap di
Hotel Hermina alias RS Hermina? siapa yang sakit & kenapa bisa ampe terdampar di sana??
Sebabnya karena Icel sakit.. uhhh my poor Icel…

Bener2 diluar perkiraan kita, dari jauh2 hari sebelum liburan, kita udah rencana mao book hotel, mulai dari di lembang.. bandung.. ampe di puncak., tapi adaaaa aja halangannya, ya mulai harganya mahal pisanlah (naik 2x lipat), takut jalanan macetlah ampe nggak dapet kamar. Ya wislah.. akhirnya kita pasrah liburan kali ini dirumah ajaahhhh…

Ternyata.. oh ternyata, emang Tuhan nggak ijinkan liburan kali ini kita pergi2 ke luar kota, ternyata Tuhan ijinkan Icel sakit. Pantesan aja, kok rasanya susyeeh bener waktu mau book hotel kemaren itu. Coba kalo udah sempet book, pasti kita cancel juga kan tuh hotelnya.
 

Awal liburan, kita mulai dengan enjoy.., kita (pa & ma) udah sepakat sih, mau lewatin liburan kali ini dengan enjoy aja, gak mau dibawa bete apalagi ampe marah2, walopun cuma liburan di rumah aja.
Ampe situ masih manis tuh rasanya.. hehe..

Nah mulai berasa asemnya.. dimulai pas hari sabtu, badan si icel panas dan disertai batuk2, kita sih nggak worry, soalnya si cece juga gitu beberapa hari sebelumnya, tapi cuma 3 hari udah sembuh.
waktu itu kita mikirnya, ahh palingan ketularan si cece. 2-3 hari juga sembuh. Jadi cuma kita kasih sanmol aja ama sempet dikasih obat batuk ama dsa nya Icel..

2-3 hari kemudian…

Kok Icel malah tambah nggak mau makan minum yaa..?
Panasnya juga masih naik turun…
Puncaknya hari selasa sore, Icel sama sekali nggak mau minum.. makan apalagi.., cuma mau minum teh manis.. itupun dikit banget… *mulai worry nih si mama..*
Cape..? jangan ditanya…, udah apa2 musti sendiri (gak ada BS / Asisten), ditambah Icel sakit.Cape hati.. cape tenaga, cape pikiran karena musti berusaha supaya Icel mau minum meskipun cuma dikit-dikit.
Tambah sport jantung, karena Icel kan nggak boleh dehidrasi sedikitpun. Kurang minum aja, dia bisa langsung lemes, apalagi ini dia sama sekali nggak mau makan & minum… bener2 horor deh waktu itu..

Akhirnya menjelang malem, ma nyerah dehh.. udah segala macem cara dilakukan, tapi Icel bener2 nggak bisa makan & minum, ditambah liat Icel udah lemes & rewel terus. Ma kuatir takut kejang aja si Icel.. (amit2 sihh.. tok.. tok.. tok..)
Pa & ma mikir, lebih baik Icel dirawat aja deh, daripada kenape2.. amit2 lagi sih.. tok..tok..tok.

Berbekal baju seadanya, berangkatlah kita bertiga (pa, ma, icel) ke hermina..

Nyampe RS, langsung menuju UGD…
Di UGD di ukur panasnya, 39 derajat boo !!, tambah deg2 an dehh…
diliat tenggorokannya… alamakk.. kata dokter merah & bengkak… pantesan aja kamu nggak bisa mamam & enum dekk (bahasanya si icel..)
kasiannya kamu dek.. hikss…

Setelah diskusi ama dokter jaganya (dsa nya Icel lagipada cuti lebaran… huaaa.. lengkap deh), akhirnya pa & ma memutuskan untuk Icel dirawat aja.
Pertimbangannya, selain kuatir ama kondisi Icel yang nggak bisa mamam & enum, yg ujung2nya kuatir dehidrasi, ma mikir, dirumah ma ngga bakal bisa maksimal jaga Icel karena ngga ada BS atau yang bisa bantuin ma jaga Icel. Engga bisa masak makanan Icel juga, karena Icel selama sakit maunya nempel ma teruss.. ma ngga bisa ngapa2in..
Kalo di RS kan makanan udah terjamin.
Soal biaya sih ma & pa ngga pusingin, karena dicover asuransi dari kantor ma.

Setelah oke urus administrasi, dll, Icel dipasang infus dan dimasukin obat turun panas yang dari dubur (karena ngga bisa minum obat).

Ngga lama naiklah kita ke kamar perawatan di lantai 3.. ambil kamar kelas utama, yang cuma sendiri, jadi kita bisa bebas nunggu & jagain Icel.

Hari pertama di RS :
Icel di cek darah..
Hasilnya keluar dalam waktu 1 jam…
Eng.. ing… eng…, ***rasa pahit itu mulai terasa…***
Suster memberi tahu bahwa TROMBOSIT Icel turun drastis.. dari 241 rb menjadi 138 ribu…

bagaikan disamber petir siang bolong.., lagi2 bener2 diluar perkiraan kita..
wong maksud Icel dirawat supaya biar cepet bisa kembali mamam & enum… lah kok ini malah merembet ampe urusan trombosit turun segala… huaaaa… mulai stress tingkat menengah dehh..

Tapi untung Icel masih nenen… saat2 kayak gini bener2 terasa “Power of Nenen” itu…
Nenen bisa bikin Icel seengganya ngga sampe kehausan banget..
Nenen bisa bikin Icel tenang & nyaman.. seengganya mengurangi ketidaknyamanan karena rasa sakit / ngga enak yang Icel rasa..

Si Oma bilang “untung kamu masih nyusuin wi.., kalo engga, perasaan kamu sebagai ibu bisa tambah ngerasa bersalah, ngeliat anak ngga bisa makan minum gitu & kamu juga ngga bisa berbuat apa2.., kalo masih nenenin kan seengganya ada yg bisa kamu lakukan supaya Icel sedikit tenang dan merasa nyaman”

Dalam hati “iya juga sih..” *walopun nih pinggang rasanya udah mau copot, karena harus posisi miring terus.. nyusuin si Icelku..*
Icel just nenen.. nenen & nenen… bobo.. bangunnya nenen lagi.. gituuuuuu terus..

yang lucu, sejak sakit kemaren itu, sekarang Icel punya kebiasaan baru lagi.., yaitu nenen sambil tangannya mentil hehehe..
jadi sambil dia nenen, tangannya mainin puting PD ma yg satunya.., kalo udah gitu engga itungan menit deh, dia langsung terlelap.. hihihi.. ada2 aja kamu dek..

Hari ke 2 di RS :
Cek darah lagi…
hasilnya……………….
……………….Trombositnya tambah TURUN lageee……!! Huaaaaa….
Diagnosa dsa Icel terjangkit DBD !!
Bener2 pahitnya terasa banget dehhh…! Stress tingkat tinggi…

pikiran ma mulai dihantui bermacam2.. ‘gimana kalo trombosit icel turun terus dong?’, ‘anak gua udah lewat belum sih masa kritisnya?’, ‘kalo ampe pendarahan gimana dong?’, dll dll dll dll segudang pikiran2 menakutkan ada di kepala ma dehh.., ampe rasanya kepala ma mau pecahhh…

Icel at hospital.. biar diinpus sekalipun teteupp bobonya gak bisa diem

Untung ada orang2 terdekat yang senantiasa care ama kita, ada bapak & ibu pendeta kita yang setia mengunjungi & mendoakan Icel…, ada akong, opa, oma yang juga doain Icel…. ada ii dan uu nya Icel yang juga pada dateng & berdoa buat Icel…

Kita dikuatkan dengan kehadiran & doa2 dari mereka…

Malemnya akong dateng, bawain Sari Kurma yang katanya bisa buat naikin trombosit..
Soal sari kurma ini, si akong ampe rela muter2 naik motor lohh cari si sari Kurma ini ampe dapet!! demi sang cucu tercinta.., terus langsung dianterin lagi ke RS malem2 pula…
Hiks.. ma kasih ya kong, udah rela cari sari kurma buat icel… jadi terharu.

langsung deh Icel ma suapin sari kurma ini 1 sendok teh.. udah gitu bobo si Icel…

Hari ke 3 di RS :
cek darah lagi… kali ini lebih tenang.. karena udah berserah aja ama Tuhan…
Hasilnya……..
Puji Tuhan.. Thanks GOD…. Tuhan itu Besar & Baik!!
Trombosit Icel udah naik…!! bahkan langsung kembali ke posisi NORMAL!!!
**** rasa manis itu mulai terasa lagi ****
Dan hasil cek darah juga terlihat bahwa Icel NEGATIF terserang DBD !! Praise the LORD!!

Hari ke 3 ini, juga hari dimana masa2 pemulihan Icel…
Icel udah mulai bisa enum dan mamam, walopun sedikit2..
mamamnya maunya cuma nasi putih ama putih telor rebus aja…
gpp lah, yang penting ada yg masuk..
Sore infus Icel dilepas…, Icel mulai main & pecicilan seperti biasa…

Hari ke 4 di RS :
Icel udah boleh pulang..
Tks God lagi.. lagi dan lagi…

bye.. bye Hermina.., sekalipun tempatnya enak & nyaman.. tapi kita gak akan mau nginep disitu lagi…

Ohh iya.. ** rasa manisnya **, selama Icel di RS, 4 hari itu juga kita selalu sama2.. (pa, ma, cece & Icel).
Si cece sama sekali ngga mau pulang, padahal ada 2 sepupunya dateng kerumah.. dia tetap milih tinggal di RS ama pa, ma & dedenya…

Pa & ma sibuk urus dedek, cece teteupp cuek belajar & mewarnai sendiri

Jadi kita bener2 merasa saat2 kebersamaan itu…
hanya beberapa hari, namun bener2 saat2 itu berarti buat hubungan kami berempat..
dimana pa & ma bener2 bisa urus cece & icel sendiri tanpa campur tangan siapapun..

Walopun cece sempet pake baju seadanya, karena kehabisan baju..
Walopun cece sempet dipakein baju kayak bendera (kata papa), kaos merah & celana putih.. karena si papa asal aja ambil baju.. hehe..
Walopun cece sempet pake celana dalem & celana pendeknya Icel..untung muat ya ce..
Walopun cece & papa bobonya dilantai RS cuma dengan dialas bed cover, karena sofa bednya ngga muat buat bobo berdua..

Tapi…. kita melewatinya dengan enjoy..

Pulang di rumah….
Kembali kegiatan tanpa BS / asisten.. semua harus dilakukan sendiri…

Tapi bener2  ***manis***….
Pa bener2 pa yang luar biasa..
Pa bisa mandiin, suapin, kasih vitamin, ajarin Cece…
Sekaligus.. Pa juga bisa nyuapin, kasih minum & ajak main Icel…

Pa bener2 papa yg luar biasa.. beneran loh pa…
Ma aja kalah deh kalo soal urusan urus si cece & Icel..
Icel & Cece malah lebih mau diurus pa daripada ma…🙂

Hari ini…
Saat mulai kembali bekerja…
Yang ada ma sedih & nangis sepanjang perjalanan ke kantor…
Sedih.. masa2 yang indah itu cepat berlalu..
Walopun cape & stress, tapi kebersamaan & kedekatan yang terjalin selama 10 hari ini benar2 meninggalkan bekas yang **manis..*

Pahitnya.. cukup kali ini..
Cukup liburan ini Icel di rawat di RS.. lain kali dan kapanpun tidak akan lagi…
amit amit.. tok tok tok lagii…

dan untuk hari ini, pa masih dirumah, jaga & urus Icel..
Ma kembali kerja..
Walopun udah dikantor.. tapi hati & pikiran ma masih ada dirumah… hikss… sedih.. berat rasanya harus berpisah ama anak & suami tercinta, setelah sekian hari selalu bersama2…

Tapi…
Ya inilah kehidupan.. yang tetap harus dijalani…
kita kan ngga bisa milih mau selalu enak atau seneng terus..
ada saat2nya kita harus berjuang.. demi masa depan…

Bedewei…
Terima kasih Tuhan buat semuanya…
Terima kasih buat suami & anak2 yang hebat & luar biasa..
sekalipun anak2ku bukan anak2 yang ‘super’.. tapi aku bersyukur mereka bertumbuh normal dan sewajarnya..

Luv you pa, ce & Icel…

Sehat selalu ya nak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: