(Pindahan dari Multiply) – Share about Giselle kena disentri amuba..

Bacanya dari yang Part 1 dulu ya… (bagian bawah.. trus lanjut part 2 & 3) biar nggak bingung🙂

 

Icel kena Disentri Amuba E. Histolytica – Part 3 Nov 30, ’09 12:20 AM
for everyone

 

Blog ini lanjutan dari sini – http://mycelyn.multiply.com/journal/item/197 dan sana – http://mycelyn.multiply.com/journal/item/200

Setelah kurleb 10 hari Icel minum obat dari dokter, khususnya 1 minggu terakhir minum obat pembasmi ‘Amuba tika’ yang namanya “Flagyl”, selanjutnya sabtu kemarin Icel kembali cek pup di lab biomedika klp gading.. (sorry ya para auntie yg lagi mamam or ngopi..) xixixixixi bukan bermaksud jorok lohh..

Nungguin hasil kurang lebih 5 jam dengan dag dig dug..

Ohh ya,setelah obat Flagyl itu abis, pup Icel masih agak lembek tapi udah nggak mencret dan gak sering lagi.. (1 hari 2-3x pup), enggak seperti sebelumnya yang sehari bisa 10-12x dan cairrrr.. fiuhhh senengnya si ma…

 

Jam 17.00 sore kita rame2 ngambil hasil cek pup Icel di klp gading..

Setelah dapet hasilnya, dengan semangat 45 dan tingkat penasaran yang sangat ‘tinggi’ hihihi..langsung ma robek amplop hasil lab tersebut..

1..2..3…!!

Mata ma langsung cari2 ke tulisan “Amuba / Kista”….

Ternyata.. Huaaaaaaa….  hiksss… Icel masih… ehhh…..duhhh… kok…

…… Icel udah gak ada duehhh amubanya….!! Hurayyy…, Tks God… Puji Tuhan..!! xixixixixi…

artinya Icel udah sembuh dari Disentri Amuba..

 

Cuma.., kadar lekositnya masih cukup tinggi, diatas normal.., menurut dokter (setelah dari lab, kita langsung ke klinik anakku buat konsul ama dr.laury lagi) itu gpp.., karena kemaren Icel sempet terjangkit amuba, makanya usus Icel jadi agak luka.. lekosit yg masih tinggi itu menandakan usus Icel masih ada sedikit luka (belum normal 100%).., dan itu juga yg menyebabkan pup Icel masih agak lembek, belum berbentuk dan masih 2-3x pup dlm 1 hari.

Ohhh gitu ya dok.. i c.. i c… (si ma manggut2 di depan dokter dengan tampang serius)..

Tambah pengetahuan lagi soal penyakit perut anak nihh si ma..

Kalo dulu si cece kecil kan langganannya sakit PaNaS alias DeMaM…, dikit2 demam.. dikit2 anget badannya.. ampe ma hafal tuh segala jenis penyebab demam & bagaimana penanganannya kalo anak demam supaya gak terulang lagi kejang demamnya..

Menginjak Cece umur 2,5 tahun udah mulai berkurang deh penyakit yang dikit2 demam.., sekarang malah jarang.. 1 tahun paling 1-2 x demam, itupun 1 hari dah sembuh.. Daya tahan tubuhnya mulai kuat kali yaa..

 

Nahh giliran anak ke 2, beda lagi kasusnya.., Icel jarang banget demam, tapi ya itu lebih sering gangguan di pencernaannya (dulu cece malah jarang sakit perut, pernah sih beberapa kali tapi jaranggg)..

Hmmm masing2 anak biarpun kakak adik.. beda yaa..

Emang bener masing2 anak tuh unik ya.. gak bisa kita samain.. itulah Dahsyat & luar biasanya Tuhan, ampe soal sakitpun bisa beda, padahal sama2 dari benih & sel telur yang sama tuhh..

Soal2 yang lain, kayak karakter, face (ini yg jelas banget), kebiasaan mau bobo, dll.. semuanya juga beda lohh antara si cece & si dedek..

Yang pasti 2-2 nya punya keunikan sendiri…

 

Ohh iya, lanjut soal sakitnya Icel…

Setelah puas tanya2 ama si om dokter (bersyukur dokternya baik, sabar mau jawab apapun pertanyaan2 ma), si om dokter kasih obat lagi yg buat ngebantu nyembuhin luka di usus Icel lagi.. Zinkids ama apa ya..? lupa namanya..  obat  yg minumnya dikasih air trus ntar jadi gel gitu, rasanya orange.., Icel doyan tuh ama obat itu.. hehehe manis kali ya rasanya.

Hari ini…

Icel udah biasa lagi.. (dari minggu lalu juga udah biasa lagi.. :p)

Udah main seperti biasa & yang pasti makan juga udah mulai biasa lagi, apa aja boleh, kecuali buah baru boleh apel & pisang aja, yg lainnya belum boleh..

Tks God buat kesembuhan Icel.., jangan sakit2 lagi ya nak..

Mama luv you dekk…

 

NB : Ohh iya blog ini sengaja aku buat ‘everyone’, biar semua temen & sodara2ku yg gak punya MP bisa baca.., jadi kalo ada moms gak berkenan atas tulisanku.., merasa tulisanku gak sesuai dengan pemikiran moms.. please gak usah direspon & langsung tutup aja tulisan ku ini, tohh masing2 orang berhak untuk nulis apa aja di blog masing2 selama itu gak merugikan orang lain..🙂

aku tahu kok banyak yg jauhhh lebih hebat dari aku..aku sih belum apa2nya.. hehehe, aku malah banyak belajar kok dari para moms yg hebat2 itu, jujur aku malah salut.., bener2 wonder woman deh para moms itu..🙂

Hidup para

Blogger…!!🙂

 

 

 

Icel kena Disentri Amuba E. Histolytica – Part 2

Nov 23, ’09 12:01 AM
for everyone

Lanjut soal Disentri amuba…

Setelah itu, ma juga search tentang “Metronidazole” dan Antibiotik “Colistine” yaitu obat2 yg dikasih ama si om dokter buat ngebasmi si ‘tika” & bakteri di usus Icel..

Dan hasilnya adalah seperti ini :

1. Metrodinazol

Metrodinazol efektif untuk bakteri anaerob dan protozoa yang sensitif karena beberapa organisme memiliki kemampuan untuk mengurangi bentuk aktif metronidazol di dalam selnya. Secara sistematik metrodinazol digunakan untuk infeksi anaerobik, trikomonas, amubiasis, lambiasis dan amubasis hati.

2. Colistin

Colistin digunakan dalam bentuk sulfat atau kompleks sulfomethyl, colismetate. Tablet colistin sulfat digunakan untuk mengobati infeksi usus atau menekan flora di kolon…. dst..

sumber : http://medicastore.com

Ternyata benerrrr.. obat yg dikasih ama om dokter Tepat untuk pengobatan kasus disentrinya Icel… wuihhh lega deh si mama hahaha..

sampe si papa bilang “Ya kan si mama lebih pinter dari dokter, jadinya gak percaya kalo dokter ngasih obat2an buat anaknya.., ternyata bener kan, apa yg dr. laury kasih emang seharusnya gitu..?”

xixixixi.. jangan sewot gitu donk pahh.. yaahh wajar lah, namanya menyangkut bodynya anak gua, ya gua musti ati2 donk.., bukan apa, udah pengalaman kan, ada salah satu case (gak usah disebutin dehh), anaknya sakit diare, mencret2.. ehh ama dokter dikasihnya antibiotik & obat buat batuk pilek..

Mentang2 kita orang awam, kagak ngerti istilah kedokteran & nama2 obat, jadi semaunya si dokter deh ngasih obatnya..

Gua kan gak mau anak gua ampe salah obat begitu pah…, mendingan gua ‘rese & repot dikit’ dah, yg penting anak gua gak jadi korban salah obat.. 

Tapi bersyukur sih.., ternyata semua treatment dokter & obat2an yg dikasih ke Icel udah bener..

Malem itu langsung Icel dikasih 2 obat itu, plus lanjut minum obat mencret yg sebelumnya juga (Smecta & Zinkids)..

Besoknya minum lagi.. Setelah 3x minum obatnya, mulai keliatan hasilnya..

Pup Icel mulai kental, walopun masih sering, tapi udah bukan air melulu..

Icel juga udah mulai pecicilan lagi.., mulai kagak bisa diem lagi.. mulai bisa berantem ama cecenya lagi..hehehe..

Dan yang terpenting, Icel udah mulai bisa makan lagi.. Hurayyyy..!! senengnya si ma..

Walopun belum semua makanan bisa dicerna ama ususnya, tapi Icel kemaren udah bisa ngabisin 3 biji bakwan jagung sekali makan.., tandanya organ pencernaannya udah mulai pulih.. walopun bertahap pulihnya.. Thanks GOD!!

Pupnya walopun masih sering, tapi gak sesering sebelumnya dan warnanya mulai kuning kecoklatan, bukan hijau lagi.. dan dokter memang bilang, proses penyembuhan infeksi amuba ini bisa memakan waktu 7-10 hari sampai tuntas..

nanti hari jumat, Icel test pup lagi ke lab.. mudah2an si kuman2 ‘tika’ itu udah pada ngacir ya dek dari peyut kamu & gak ada yg tersisa dikitpun..

Semoga Icel cepet pulih ya.., biar bisa mamam macem2 lagi..

Jangan atit2 lagi ya sayang.., mama doa biat kamu sehat selalu..

Btw, emang cuaca lagi gak bener sih yaa.., banyak orang sakit..

Apalagi waktu di dokter juga ketemunya ama anak yg sakit muntah2 & diare.. hikss…, kata dokter sebagian besar pasien dia sakit muntah & diare.

Musti jaga makanan & jaga kebersihan supaya gak kena penyakit..

Siang ini, ma telpon ke rumah.. Icel lagi mamam sambil main ama mbak Lilahnya..

Kata mbak lilah, Icel mamamnya banyak…bagus deh dek.. udah mulai laper terus ya sayang?

Mama bersyukur buat pemulihan yang Tuhan lakukan buat kesehatan kamu dekk… mama sayang kamu dekk… muachhh

 

Blog Entry Icel kena Disentri Amuba E. Histolytica – Part 1 Nov 20, ’09 1:12 PM
for everyone

Kali ini mau cerita soal sakitnya si Icel nih.. yang bikin ma sedih, stress dan pusing selama berhari2..

Huhuhuhu..  nih anak kok perutnya sensitive banget yaa.., tiap sakit pasti masalahnya diperut.., dulu pernah kena infeksi jamur ampe mencret2 juga, ampe di rawat segala.. trus mencret2 juga karena virus.. ehh kali ini mencret2 karena amuba.

Penyakit lain kayak batpil, dll mah.. Icel jarangggg.., pernah sih tapi cuma 1-2x aja.., yg sering masalah di Icel tuh pencernaannya, persis si papa, masalahnya selalu di pencernaan.

Tapi cukup ini yang terakhir ya dekk.. mama doa Tuhan udah sembuhkan semua sakit perut kamu..dan gak akan kambuh2 lagi.., baik mencret karena virus, bakteri maupun amuba..! amin..!

Dimulai dari minggu lalu, senin siang, si mbak lilah BS nya Icel sms ma dan kasih tahu kalo Icel pup 2x mencret, muntah pula dan badannya pun panas 38 derajat.

Ma langsung sport jantung dahh.. kalo kamu udah masalah ama pencernaan, ma paling aware banget.., soalnya kamu gak boleh dehidrasi dikitpun..

Kurang cairan dikit aja, kamu langsung lemes.., huaaa mana ini kamu mencret2, udah gitu disertai muntah juga..

 

Pulang kerja, ma langsung bawa kamu ke dokter..

Kali ini kita nggak ke Hermina, karena dokter yg biasa nangani Icel lagi cuti, dan yg satunya lagi lagi gak praktek… dududuhh.. bingung deh ma waktu itu..

Akhirnya kita ke Klinik Anakku klp Gading…., ke dr. Laury.., dokter ini adalah dokternya si cece.., si cece cocok ama dokter ini.

Sama dokter Laury Icel dikasih obat, tapi gak dikasih antibiotik.., katanya biasanya diare pada anak itu disebabkan oleh virus.., kalopun disebabkan oleh bakteri ataupun amuba (kayak yg Icel alami) itu harus dibuktikan dengan hasil lab..

Seneng dehhh mama, ketemu dokter yang gak dikit2 kasih antibiotik ke anak.., klop dok ama prinsipnya mama.. hehe

Dokter cuma pesen, jangan sampe Icel kurang cairan & dehidrasi, karena itu bahaya, bahkan bisa menyebabkan anak kejang (walopun tanpa demam). Sama si om dokter dikasihlah Pedyalite.. jadi tiap kali mencret suruh dikasih pedyalite 75 cc untuk mengganti cairan yang terbuang.

3 hari berlangsung….

Tapi kok Icel masih mencret juga ya..?

Mencretnya tuh air (cair) gitu, dan berwarna hijau… (setelah ma search di om google, ternyata ini salah satu ciri infeksi amuba)

Dalam 1 hari bisa 10-12x pup cair… bayangin aja.. dalam 3 hari udah berapa kali Icel pup tuh..? huhuhuhu… gak usah dibayangin deh gimana sedihnya ma liat Icel..

Anak yang biasa lincah.., gak bisa diem, cerewet, montok..

Ini jadi lemes.. rewel, gak mau ngapa2in, maunya nempel ma terus.. Nggak mau makan juga.. otomatis badan Icel pun susut banyak..(tapi ini sih ma gak pusingin, yang penting Icel sembuh), prinsip ma, anak gak harus gemuk, yang penting sehat.., anak yg gemuk pun gak berarti sehat kan..? yang penting pertumbuhan berat badan & tinggi badannya masih masuk dalam Grow Chart. Anak gemuk bukan ukuran anak itu sehat & pertumbuhannya bagus kan..

 

Akhirnya ma bawa ke dokter lagi si Icel, karena udah 3 hari masih blm ada perubahan..

Ama om dokter disuruh cek pup ke lab..

Langsung ma meluncur ke lab Biomedika di klp gading bawa pup Icel…

Hasilnya jam 5 sore diambil…

Dag..dig dug… nungguin hasil lab Icel deh si mama…

 

Begitu ambil hasilnya… eng ing eng…, ternyata Icel terkena Infeksi Amuba E. Histolytica !! *keren amat yakk namanya..*

Ditambah ada infeksi bakteri juga…! Ya elaahh dekk.. dekk.. kok bisa ada ‘mahluk2 kecil jahat’ diperut kamu gitu sihh..? 

Mikir..mikir.. mikir deh si ma.. *sambil dilingkupi rasa bersalah*

Segudang pertanyaan dan menyalahkan diri sendiri mulai dehh berseliweran di pikiran ma.. “kok bisa Icel kena amuba & bakteri?”.. “gara2 gua jorok kali yakk..?”.. “”gara2 gua terlalu percaya ama si lilah kali yak..?”..”karena kamar gua kotor kali yaa..?”.. “kenapa gua gak urus Icel sendiri aja ya..?” dan lain lain.. dan seterusnya.. terus bergantian melintas di pikiran ma….Huaaaaaa…. semua itu bikin ma jadi tambah stress dahh..

Udah gitu ditambah lagi.. mulai deh ma nyalahin orang2 dirumah.. *emang dasar si lilah jorok ! meja debuan kagak mau dilap2.. jadinya Icel pegang trus tangannya masuk mulut deh..”, “oma juga sih.. si Icel dibiarin main di bawah, kan banyak angin, banyak kuman2 beterbangan juga, jadi kena ke Icel dehh..”, dll.. dll.. dll..

*Memang yaa.. kalo dalam keadaan gak menyenangkan, orang tuh cenderung mencari ‘kambing hitam’, menyalahkan orang lain untuk mengurangi rasa bersalah.., kasian ya si kambing hitam, padahal bentar lagi dia udah mau dijadiin kurban, masih juga disalah2in.. hihihi..

Kok jadi ngelantur yaa…

kembali ke sakitnya Icel..! ampe mana ya tadi..?

Ohh iyaa… ampe abis ambil hasil cek pup Icel di lab ya…

Kelar ambil hasil lab, ma langsung balik ke Klinik Anakku lagi untuk ketemu dokternya & minta obat buat ngebasmi si amuba kurang ajar diperut Icelku itu, Eeeh eh.. tapi ternyata dokternya gak praktek sore itu!  Wuaaaa… makin bingung  plus mulai ngomel2 kesel dehh si ma.. (sabar.. sabar atuh maa.. emangnya pasien di om dokter cuma Icel aja? emangnya si om dokter cuma praktek di situ aja..??)

Ma telpon ke si pa.., minta papa cari tuh dokter!! lagi dimana sih diaa..? udah tahu ada pasiennya sakit & butuh dia.. kok malah gak praktek..?? xixixixixi.. sewot & senewen beneran tuh si mama waktu itu..

Telpon pertama kali, kata si pa HP si om dokter kagak aktif..!! Huaaaa.. tambah mencak2 deh si ma.., mulai mikir2 cari dokter lain.., dimana ya..? tapi setelah liat2 jadwal praktek dokter, ternyata dokter2 yg biasa kita datengin pada gak praktek semua..!! lengkap..kap..kap dehh kepusingan ma..

Lagi keder cari2 dokter sambil muter2 di klp gading.., gak lama si pa telpon lagi.. Katanya dia udah berhasil menghubungi si om dokter..!! Horeee.. akhirnya..

Ternyata dia malem itu praktek di RS Gading Pluit..

Pulang rumah, mandi & liat keadaan Icel bentar, langsung ma cabut lagi ke RS gading pluit ama si pa..

Akhirnya ketemu deh kita ama si om dokter di RS gading pluit..wkwkwkwkwk.. kayak mencari apaaaann gitu ya, perasaan ma seneng banget ketemu ama si om dokter malem itu..

Ngobrol2 soal hasil lab pup Icel.., akhirnya ama dokter di kasih obat tambahan.. yaitu “Flagyl Suspensi” yg isinya  adalah “Metronidazole” sama Antibiotik “Colistine”

Dan menurut dokter, Flagyl itu harus diminum sampai habis (2 botol), setelah itu harus cek pup lagi, amuba E. Histolytica itu masih ada gak.., kalo masih ada harus minum 2 botol Flagyl itu lagi..

Ini karena katanya Amuba itu suka bandel.., kadang masih tersisa di usus..

Pfhhhhhh…, sedih ma ngebayangin Icel harus minum obat banyak gitu..

Tapi ya mau gak mau, demi kesembuhan Icel..

Ampe rumah.., langsung ma buka inet.. search di om google soal si Amuba ‘tika kupret’ yg gangguin usus anakku ini.., termasuk obat2an yg digunakan untuk ngebunuh si ‘tika’ ini..

Maklum.. ma suka gak percayaan ama dokter, takut salah kasih obat aja ke Icel.., soalnya ini kan udah bukan main2 lagi kumannya.. Amuba gitu lohh..

Dari hasil search dengan bantuan si om gogle, ini dia hasilnya.. beberapa ma copas di sini supaya ma bisa baca2 lagi besok2.., kali aja dibutuhin lagi.. tapi amit2 jabang baby, jangan ampe Icel ataupun cece kemasukan si amuba tika ini lagi aja.. tok..tok.tok  amit2…!!

Disentri Amuba E.Histolytica :

Entamoeba histolytica adalah protozoa parasit anaerob, bagian genus Entamoeba. Dominan menjangkiti manusia dan kera, E. histolytica diperkirakan menulari sekitar 50 juta orang di seluruh dunia. Banyak buku tua menyatakan bahwa 10% dari populasi dunia terinfeksi protozoa ini. Namun sumber lain menyatakan: setidaknya 90% dari infeksi ini adalah karena spesies Entamoeba kedua yaitu E. dispar. Mamalia seperti anjing dan kucing bisa menjadi transit infeksi, tetapi tidak ada bukti mengenai kontribusi nyata untuk terjadinya penularan dari kedua hewan ini.

Penularan
Tahapan perkembangan amuba yang aktif (trophozoit) hanya ada di dalam host dan feses yang masih baru dikeluarkan; cysta amuba  hidup di luar host yaitu dalam air, tanah dan pada makanan, terutama dalam kondisi basah. Cysta amuba mudah dibunuh oleh suhu panas dan dingin, dan hanya bertahan selama beberapa bulan di luar host. Ketika cysta tertelan, mereka bisa menyebabkan infeksi melalui excysting (tahap pelepasan trophozoit) dalam sistem pencernaan. Pada tahap ini trophozoit mudah mati dalam lingkungan asam lambung/perut.

Pathogenesis
E. histolytica, sesuai namanya (histo-lytic = menghancurkan jaringan), adalah patogen; infeksi dapat mengakibatkan disentri amoeba  atau
liver abscess amoeba. Gejala dapat termasuk  disentri, diare berdarah, penurunan berat badan, kelelahan, sakit perut, dan amoeboma (suatu komplikasi yang mengakibatkan luka di usus). Amoeba sebenarnya dapat ‘menggali’ ke dalam dinding usus, menyebabkan luka dan penyakit usus lainnya, dan dapat mencapai aliran darah. Dari sana, ia dapat menjangkau berbagai organ vital tubuh manusia lainnya, biasanya hati, tapi kadang-kadang paru-paru, otak, limpa, dan lain sebagainya. Hasil invasi  amuba umum pada jaringan sel adalah liver abscess yang bisa berakibat fatal jika tidak diobati. Sel darah merah kadang-kadang dimakan oleh sitoplasma sel amoeba.

Diagnosis
Penyakit ini dapat didiagnosis melalui sampel kotoran tetapi penting untuk diketahui bahwa beberapa jenis lainnya mustahil dapat dibedakan hanya dengan melalui mikroskop. Tes
ELISA atau RIAdapat digunakan untuk mendeteksi penyakit ini.

Perawatan
Metronidazoleuntuk invasi trophozoites bagi mereka yang masih dalam usus kecil. Paromomycin (Humatin) adalah obat pilihan lumenal, sejak Diloxanide furoate (Furamide) tidak komersial tersedia di AS atau Kanada (hanya  tersedia di CDC-US). Dosis: Metronidazole 750mg tid oral, selama 5 sampai 10 hari diikuti oleh Paromomycin 30mg/kg/day sama secara oral juga  dalam 3 dosis selama 5 sampai 10 hari atau Diloxanide furoate 500mg tid oral selama 10 hari untuk memusnahkan lumenal amoebae dan mencegah kekambuhan.

Sumber: Wikipedia.

<!–

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: