Garut – Bandung Trip Des 2012

Sempetin deh buat nulis tentang trip garut – bandung kemarin… mumpung masih fresh dan hot (kayak roti ajah) hehehe…

Niatan mau jalan ke garut udah dari lamaaaaa… tapi baru kesampean kemarin ini🙂

Ternyata garut bagusss yaa.. udah banyak penginapan / hotel juga, bukan cuma sampireun aja.. udah banyak resort2 dan hotel lainnya yang nggak kalah bagusnya…

Seperti biasa, sebelum jalan aku search di om google mencari semua yang berkaitan dengan GARUT, mulai dari hotel, makanan, tempat wisata, tempat2 kulinernya juga… xixixixi.. ya ginilah si mama perfectionist, rasanya kurang mantap kalo jalan tanpa flow yang jelas, apalagi ke tempat yang baru dituju.. kecuali kalo tempat2 biasa kek puncak / bandung, itu sih on the spot hayukkk ajah..😉

NOW START….

Day 1 : Kamis 13 Des 2012

Sengaja ambil weekday biar hotelnya lebih murah dan jalanan nggak macet.., selain itu juga karena setiap wiken di bulan des ini full acara2.. ya natal, ya acara keluarga dll.

Kita berangkat dari rumah jam 7 pagi lewat tol cipularang terus menuju cileunyi.. jalanan lancar, sedikit tersendat di cikarang, mungkin karena banyak orang2 yang berangkat kerja..

Keluar tol, kita mulai masuk jalan biasa, jalanannya halus & lancar, di selingi pemandangan gunung & sawah di kiri kanan jalan yang bikin seger mata he he

Sampai di kota garutnya sekitar jam 11 an, berhubung belum bisa cek in, jadinya kita cari makan dulu dehh…, pilihan pertama kita adalah di RM Cibiuk garut… begitu masuk si dua krucils langsung bilang “wouww” sambil bilang “baguss tempatnya.. asikk..”🙂

RM Cibiuk Garut

RM Cibiuk garut : atas celyn asik liat ikan koi gede2, bawah icel asik main angklung & makan susis😀

Setelah liat liat  dan berkeliling resto, akhirnya kita memilih tempat di salah satu saung lesehan yang depannya ada tanaman2 padi & kolam ikan, jadi seolah olah kayak makan di pinggir sawah gitu.., asik juga sihh..

Pilih pilih makanan, kita milih Nasi liwet lengkap, isinya nasi liwet, ayam goreng, tahu, tempe, jengkol goreng (ini yg TOP BGT lohh.. hehehehe, asli enak patut dicoba..empuk dan bau jengkolnya gak menyengat ) trus ada juga ikan peda asin, lalapan plus sambel ijo. Berubung lagi pada laper, kita juga pesen 2 empal goreng plus cah kangkung dan sambel dadak. Minumnya Jus strawberry dan sisanya teh hangat.

makanan cibiuk

Kurang lebih penampakan makanannya seperti ini

Rasa makanannya…? hmmm Haocee.. bener2 khas sunda, nasi liwetnya yummy, sampe para krucils nambah beberapa kali tuh nasi liwet🙂. Trus yang berkesan buatku adalah jengkol gorengnya itu tuuu… aku bukan penggemar jengkol, tapi pas nyobain eh malah keenakan xixixi.., apalagi pas dicocol dengan sambel dadaknya.. wuihhhh mantappp, hiksss jadi penginnn lagi….😦

Kelar makan sambil ngobrol2 (bukan keluarga raymond deh namanya kalo makan nggak berisik ..) hihihi… wong makan aja bisa sambil cerita2 tuh si cece, mending suaranya pelan.. ini mah kencengggg boo, ampe orang di saung2 sebelah kita pada ngelirik molo ke arah kita…

setelah selesai nyantai nyantai & makan, si Icel seneng banget liat dan mainin ikan di kolam depan saung kita, nah tiba deh gilirannya si papa untuk menyelesaikannya ke kasir..xixixi.. para wanita tinggal menunggu saja di saung.

Total kerusakan semua makanan kita adalah Rp 161.000,- (oh iya itu udah termasuk susis + 1 porsi tahu sumedang goreng sbg hidangan pembuka), nggak mahal juga yah ternyata…. langsung deh RM Cibiuk masuk dalam data base  si mama untuk salah satu resto yang patut dikunjungi lagi dan lagiiiii….;), secara di puncak & bandung juga adaaa tuh RM Cibiuk ini, walo asalnya memang dari garut (note : Cibiuk adalah nama salah satu daerah di kabupaten garut, dulunya cuma rumah makan kecil di cibiuk, tapi karena keuletan pemiliknya, sekarang udah buanyakkk tersebar cabang2 RM Cibiuk ini di berbagai kota).

Kelar makan… kita menuju Bale Coklat Rosin (masih dalam area RM Cibiuk), yaitu tempat pembuatan aneka coklat. Salah satu cemilan khas garut adalah “Chocho-dol” alias Coklat dodol.. jadi coklat dalemnya ada isi dodolnya.. Kalo dodol garut kan udah biasa, nahh ini dodolnya di taro di dalam coklat.. xixixi kreatif juga nih yang punya ide….

Disini jualnya ada coklat isi kremes (kacang), isi jahe, isi dodol juga, ada rasa melon sama blueberry juga.., wahh jadi kalap deh kita liat aneka coklat gitu..😀, mana harganya juga gak mahal.. coklat ukuran besar harganya 14rb, yang kecil 8rb, ya standard deh kalo harga deh yaa…

choco dol

Sebagian aneka coklat di Bale Coklat Rosin

Di bale coklat ini kita beli coklat kremes, coklat rasa melon & blueberry buat guru2nya si celyn plus coklat jahe juga buat si akong.., total belanja coklat disini IDR 84 rebu… (xixixi beli coklat aja ampe 84 rebu yakk), abis mumpung sih, coklatnya macam2 gitu, mana enak rasa coklatnya, nggak getir sama sekali..

Setelah pulang dari bale Coklat ini dan jalan ke tempat yang jual oleh2 di deket hotel kita.., baru kita tahu, ternyata ada produsen CHOCHO DOL lainnya juga selain yang bale coklat rosin tadi.. namanya Chochodot… nah yang chocodot ini nama coklatnya lucu2 pisan.. asli bikin mesem2 dan ada juga yang bikin ngakak saat kita baca… soalnya namanya ada yang Coklat anti galau, coklat seswatu bangettt, coklat enteng jodoh, coklat anti stress, de el el…wkwkwk.. Sayangnya kita gak nanya apa bedanya tuh coklat ya ampe namanya aneh2 gitu..

Abis belanja coklat kita langsung menuju kampung sumber alam untuk Cek in dan istirahat…

Yang mau tahu tentang Kampung Sumber Alam bisa liat di webnya : http://resort-kampungsumberalam.com

abis urus admin dan printilannya, langsung ajah kita menuju ke bungalow. Kita dapet bungalow nya di belakang pisan.. jadi jalannya lumayan jauh dari resepsionis… tp so far kita sih happy aja mau dimana juga.., yang penting tempatnya wokehhh…😉

saat pertama masuk, kita pada bingung…, kok ikan2 di kolam ikannya bisa ya hidup di air hangat gitu, trus kok gak pada mabok tuh ikannya ya…

Setelah dijelasin sama si mas2 yang anter kita ke bungalow, ternyata kalo air panas garut itu beda ama yang di ciater… kalo di ciater airnya mengandung belerang, sedangkan kalo di garut mengandung yodium, makanya ikan bisa pada hidup di air hangatnya garut… gituuuu katanyaaaa… #ohhhhh gituuuu tohh…. disertai angguk2an aku & si papa yang baru ngerti… hihihi…

KSA view

View di Kampung Sumber Alam, sekeliling penuh kolam ikan (airnya hangat)

depan KSA

Ini view dari depan (receptionist kampung Sumber Alam)

US di KSA

Berempat di depan kampung sumber alam

Baruuuu juga masuk di lingkungan resort Kampung Sumber Alam, si krucils kuw itu hepinya gak ketulungan… ampe bilang ‘aku seneng disini.. enak banget tempatnya.., mau disini ajahh ahh gak mau ke yehezkiel (hotel di lembang biasa kita nginap) ” wkwkwk

Emang suasananya enak sih.., asri trus bener2 kayak kampung.. kamarnya dari anyaman bambu, di kamar mandi ada jacuzzi tempat berendam air panas juga, lumayan besar, buat berendam kita berempat juga muat… trs masing masing bungalow terletak diatas kolam ikan yang dipenuhi bunga teratai… bener2 nyaman & tenang dehh pokoknya..

villa KSA

Ini salah satu bungalow termahal di kampung Sumber Alam

Begitu masuk bungalow kita, si krucils liat ke kamar mandi, langsung tanpa ba bi bu pada minta berendem di jacuzzinya.. ckckck…😀, seneng banget nih anak dua..

Sementara si krucils berendam, papa mamanya pada nyantai di teras bungalownya.. sambil makan coklat yang tadi siang beli… Nggak lama para krucils nyusul dan minta makan pop mie… mantapppp.. secara lagi gerimis juga, jadi udaranya cukup dingin, enak bener makan yang anget anget😉

 indomie KSA

asikkk nyantai sambil makan pop mie  di teras bungalow😉

Nggak lama abis makan pop mie & nyantai, para krucils pada bobo siang.., maunya pada bobo di teras depan, abis adem sih trs legaa.. he he…

sementara para anak2 bobo, papa mamanya cabut keluar untuk beli air minum & cemilan khas garut, yaitu Dorokdok (kerupuk kulit sapi) rasa bawang.., chocodot rasa seswuatu bangett, plus beli burayot juga (burayot adalah panganan khas garut yang terbuat dari ketan yang dalemnya diisi gula merah terus di goreng.. rasanya sih gak gitu enak..nggak tahu kalo baru mateng sih, soalnya aku beli yang udah dibungkusin..)

Balik ke bungalow.. kembali nyantai dan nyantai… sorean lanjut berendam di jacuzzi dalam kamar mandi kita…, enaknyaaaa…

Airnya panasnya pass, terus abis berendam kulit rasanya halusss banget…🙂

Makan malam kita ke Pasar Ceplak.., pusat kuliner garut di waktu malam.., disini yang jual pedagang kaki lima berderet sepanjang jalan.. jualan bermacam2 makanan, mulai dari ayam bakar/goreng, sate, bakso, kue2 juga ada spt putu, goreng2an dll. harga udah pasti murah karena kaki lima gitu..🙂

Aku & si papa makan ayam bakar plus nasi uduk.., pulangnya beli kue putu plus bakso aci yang isinya ada bakso aci, ceker, bakso tahu & bakso sapi juga… hhhhhh bener2 begah deh kerjaannya makan & ngemil moloo.. he he

Pulang kita langsung istirahat alias bobo.. secara besok paginya kita mau ke Puncak darajat yang katanya duinginnya polll…, jadi kudu cukup istirahat biar gak masuk angin.. hehe

To be Continued…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: