Balada kurikulum anak SD sekarang…

Dari kemaren dah mau cerita bin nyap nyap di blog tercintah ini tentang kurikulum sekolahan jaman sekarang ini nihh.., tapi kagak sempet2.. hedeuhhh maklum sibuk banget sekarang, kerjaan numpuk gak kelar2.. (halah lagak luh liana, ampun deh ahh.. he – he – he..)

Sori nih sebelumnyah, bukan bermaksud mau sok menggurui atawa mencela pendidikan di indonesia.., toh msg2 orang punya pendapat sendiri2, jadih jangan ada yang protes yakk…pissss.. *tring tring.. kedipin mata🙂

Coretan ini cuman sekedar numpahin unek2 eikeh, seorang ibu pekerja yang udah cuapek seharian di kantor, tapiiii karena eikeh adalah seorang ibu yang baik hati dan tidak sombong serta sangatttt sayang sama anak2nya.., makanya pulang kerja masih lanjut tuh ngajarin anak2nya belajar…, biarpun dikata istilahnya badan udah remek bin remuk bin hancur luluh semua…, tapi demi anakkkkk ya dengan semangat 45 tetap seneng2 aja ngajarin anaknya belajar, khususnya si Celynku yang sekarang duduk di kelas 1 esde..

Dannnnn…bener2 baru ngerasain tuh si saya ini, gimana kasian bin merananya anak2 sekolah sekarang ini yah…, ajeubileeh minzalikkk itu pelajarannya.. ampun ampunnnn, ampe jedot2in jidat di meja deh sayahh…# lebay dot com..

eikeh aja yang cuma ngajarin anak udah sutrisss tuh, apalagi anak2 yang ngejalaninnya tiap hari… huhuhuhu bener2 sedih liatnya…, bener2 gak manusiawi..!! sungguh di luar peri kemanusiaan..

why sayah bilang diluar peri kemanusiaan?

ya eyalah…

bayangkeunn, anak baru juga brojol kemarin.., palingan paling gede umur 8 taonan, baruu kelas 1 SD.., tiap ari itu kerjaannya berkutat ama buku buku sekolah, itung2an plus pelajaran yang kudu dihapalin..

udah cape di sekolah, pulang sekolah jam 2 lewat, ampe rumah sering kali jam 6 sore (karena macet jadi sekalian jemput emaknya di kantor dehh), e..e.. ehhh nyampe rumah kagak bisa istirahat jugaa… palingan cuma sempet mandi trus makan bentar, dah gitu kembali lagi berkutat ama si mata pelajaran yang amit2 bin uhuk2 itu lageee….. *halamakkkkk….karna ya itu, musti kerjain PR dan ulangan buat keesokan harinya…

emaknya…??? ya suamaaaa… boro2 pulang kerja bisa nyantae gitu di rumah or nyalon or hang out… boro2 oiiii…., nyang ada mah taro tas, langsung ambil agenda si cece, liat besoknya ada PR or ulangan apa.., langsung deh tuh lanjut ajarin si cece…, sebel..?? YA LAHH.., siapa yang gak sebel coba..? tapi ai tidak punya pilihan lain… namanya emak yang bertanggung jawab ya mau gak mau kudu lakuin ajah..

Tetapi sayah lakuin itu semua dengan hepi lohh bukan dengan terpaksa.., karena ya itu tadi, ai sayang sama anak2 saya.., saya mau anak2 saya pinter dan gak sia2 saya sama babenya anak2 bayar uang sekolah yang muahal itu, saat terima hasil belajar anak nilainya bagus2 lgs hilang deh semua cape & bete nya ngajarin anak.. he he he…

tapi kadang esmosi bisa langsung naik ke ubun2 juga tuh, saat tahu hasil ulangan anak jelek… Arrgghhhhh…, rasanya udah pengen nampol orang aja nih tangan…, kesel banget pastinya.. udah dengan perjuangan, gak tahunya si anak dapet nilainya jelek atau harus remedial…huhuhuhuhu… dunia serasa runtuh rasanya…

Dan mungkin hal yang sama juga di rasain para guru2 nya kali yah.. soalnya si cece cerita, katanya miss nya sering marah2 karena ngajarin murid2nya pada nggak bisa2 alias nggak ngerti2.. termasuk Celynkuh itulah…, dan saking frustasinya (kali ya) si gurunya ampe bilang “udah pada belajar di rumah aja deh, suruh mamanya yang ajarin..!!”

Ampe si Celyn bilang “aneh tuh guruku.. dia yang guru kok mama yang suruh ngajarin sih..?” wakakakakakakaka.. emaknya yang lagi siap2 mau ajarin matematik yang bikin mati kutu emaknya itu langsung ngakak guling2 denger omongan si Celyn…

Polosss & jujur kan..? ya eyalah, omongan anak kecil kan masih lugu, bener2 keluar dari hati dia…

Mangkenya nih miss..sir, jadi guru udah tahu kurikulumnya susah, belon tentu setiap anak bisa ngikutin.. mbok ya kalo bikin soal jangan susah2, jangan bikin anak didiknya pada bediri rambutnya saking sutrisnya…

Lahh gimana emak yang atu ini nggak bilang susah? wong emaknya baca soal2nya aja keder mau jawabnya, nah apalagi anak baru 7-8 tahun gitu… punya peri belas kasihan lah dikittt ama anak2 didiknya.., bikin soal yang anak 7-8 tahun bisa nalar…, jangan di samain pikiran anak kecil ama yang udah pada gede2 kayak kita2 gini…

belon lagi di tulis testnya hanya bab 3.. lah kok bisa2nya bab 4 juga ikut keluar..? ya mana bisa jawab lah anak2 itu.., untuk belajar 1 bab ajah udah bagos kali, ini malah pake ditambah2in ama yg belum di pelajarin di rumah.. ya jadi salah lah… *nenek2 juga keder kali mau jawabnya..

Hhhhhhh..cuman bisa tarik nafas aja deh… saking udah gak tahu mau pegimana lagi…

entah apa cuma emak atu ini yang terlalu lebay kali atau ortu2 yang lain juga ngerasain hal yang samakah?…, i don”t know lah…

Yang pasti apapun yang terjadi, “anak” dan perkembangan anak tetap jauhhh lebih penting dari apapun termasuk si kurikulum indonesia yang kayanya mau nyaingin kurikulum dari negara2 maju (oh ya..?), padahal negara2 hebat sajah tidak sekejam di sini kalee pendidikannya….

semoga pemerintah wise dan cepat merevisi kurikulum indonesia tercintah ini..kasian anak2 indonesia soalnya…, hak mereka untuk main dan bersenang2 dirampas paksa, dan diganti dengan ketegangan, dijelali dengan pelajaran2 yang seharusnya mereka blm bisa menerimanya… nggak mau ngikutin..? resikonya bakal ketinggalan dengan anak lainnya dan mungkin akan tinggal kelas. Sedangkan mau dipaksa kok ya ndak tega juga yaaa…., hhhhh bener2 D-I-L-E-M-A………

Tuhan saja yang akan menolong & memampukan anak2ku untuk sekolah dan juga Tuhan akan memberi hikmat buat para guru2nya supaya punya ide2 gimana cara ngajar yang wokeh dan kreatif sehingga anak2 didiknya cepet bisa ngerti & menerima setiap pelajaran yang diberikan.. bukan dengan jalan pintas doank.. alias cekokin dengan PR dan ulangan2 yg terus menerus…dan kalo nggak bisa2 dimarahin.. (jadi ingat salah satu mantan guruku dulu pernah bilang “ciri guru pemalas tuh adalah banyak kasih anak2 PR dan ulangan terus2an, biar si anak belajar sendiri di rumah atau orang tuanya yang ngajarin..), he he he bener juga kali yakk…

dah ahh.. tar lama2 ada yang nampol eikeh lagi gara2 ngoceh2 molo.. hehehehe….

 

#Sekian tumpahan unek2 si emak galau bin lebay satu ini…(fiuhhh.. lumayan lega deh si hatikuhh)

medio 7 maret 2013….

sayonara….

2 responses to “Balada kurikulum anak SD sekarang…

  1. pelajaran SD kelas 1 skrg berattttt.. nathan aku les-in li.. aku ga sanggup koq kudu ngajarin juga,
    Mana skrg ada baby Peter.
    btw, tapi gurunya kacau juga tuh. untuk kayaknya gurunya nathan sabar sih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: