Kuliner Cirebon….

Sorry ya temen – temen, yang aku tulis disini adalah yang menurut kami (aku & keluargaku) enak.., yang pernah / sering kami makan kalo ke Cirebon..

jadi kalo seandainya yang aku tulis disini itu nggak enak atau ada tempat lain yang lebih enak, ya it’s oke, namanya kan selera orang masing2 yaa.., tapi so far dimanapun tempatnya. kuliner Cirebon sih TOP BGT lahh… terkenal dengan maknyuss dan murahnya…

yang daku tulis disini juga masihh sangatt dikit untuk tempat2 makannya, masihh banyak banget tempat makanan enak2 di Cirebon yang daku belum tahu.., makanya ampe sekarang juga masih aja search di om google untuk cari tempat kuliner2 lain di cirebon..

Let’s we start…! 1..2..3…Go….!!!

Day 1 :  Jumat, 28 Juni 2013

NASI JAMBLANG ‘PITRI”

nyampe Cirebon malemmmm pisan.. jam 10 lewat…, pas nyampe hotel. cek in, mandi trus istirahatan bentar, lanjut aku & si papa keluar lagi untuk cari……. “Nasi jamblang..” hehehe

Udah sepanjang jalan ngebayang2in nasi jamblang, masa udah sampe tempatnya mau langsung tidur.. sayang amattt kann…

Berbekal tanya ke orang hotelnya (masukan nih friends.. kalo nginep dimanapun, kalo misalnya bingung / belum tahu mau makan makanan khas daerah tersebut yang enak, better tanya ke orang hotelnya.. mereka biasanya kasih tahu tempat2 yang rekomended enak dan biasanya para pelancong makan di situ…)

pengalaman dari beberapa kali tanya orang hotel tempat makanan yang okeh, selalu kita datengin dan memang oke tuh makanannya…

nah pas malem2 itu juga kita tanya orang hotel uma sukalila.., dimana yang jual nasi jamblang yang masih buka malem2 gitu.. soalnya sepanjang jalan masuk cirebon kok sepi ya.. udah pada tutup semua yang jual nasi jamblang…

Sama si mas2 petugas hotelnya di kasih tahu.. katanya di Nasi Jamblang “PITRI” aja, lokasinya di depan Grage mall, satu deretan sama nasi jamblang mang Dul.., tempatnya di emperan gitu…. wahh dikasih tahu info gitu langsung meluncurrrr lah kitaa .. tarikkk manggg… hehehee

cari2 di depan Grage mal, langsung tertuju mata kita ke tempat kerumunan orang.. ternyata lg pada antri mau makan nasi jamblang.., liat spanduknya, benerrr tulisannya nasi jamblang PITRI.., yang jualan ibu2 udah oma2 gitu, gemuk orangnya.. yang makan rame pisan..

untung kita masih dapet tempat duduk.., setelah nunggu giliran, dilayanilah kita.. dengan lauknya nyomot sendiri sesuka kita… uhuiiii.. terpuaskanlah keinginan yang menggebu2 akan nasi jamblang ini… ‘sambel goreng merah, kentang semur, tahu semur, ikan asin, perkedel..” ludess dalam sekejab deh masuk perut..

#foto2 : kagakkk ada.. gak sempet foto2.. mata udah sepet plus udah laper pengin cepet2 makan jamblang, jadi lupa mau poto2..xixixi

boleh nih friends.. enakkk nasi jamblangnya, banyak bapak2 yang habis main bulu tangkis juga yang pada makan disini..

kelar makan, di totalin ama si mbanya.. cuma 24 ribu rupiah saja total kerusakan kita.. udah termasuk bungkus buat si uu Titong tuhh padahal… murah pisannn kan… he he he

kelar bayar, sempet beli tahu petis untuk dibawa ke hotel, sayang gak sempet makan krn udah saking ngantuknya.. ampe hotel langsung teparrr…

Day 2 : saptu 29 Juni 2013

Pagi2 anak2 sarapan nasi lengko di hotel.. papa mamanya ngabur ke Pasar kanoman, si papa makan empal gentong, mamanya sibuk ngider cari kue2 dan jeruk yang super manis pisan…

NASI JAMBLANG PELABUHAN & AYAM GORENG BAHAGIA :

kelar dari kanoman, langsung janjian ama uu Titong ketemu di nasi jamblang (lageee) tapi kali ini nasi jamblang pelabuhan.., waktu yang sama si akong alm dulu mau kesitu tapi tutup… nah pas kita kemarin kesana bukaaaa… hurayyy…

letaknya ya deket2 pelabuhan, di pojokan gitu..

tempat makannya lumayan luas, jadi sistem ambil dulu nasi & lauk pauk di bagian dalem, terus langsung bayar di kasirnya, baru dehh makan di kursi2 yang ada..

segojamblang blogspot

kira2 beginilah penampakan nasi jamblang.. lauk pauknya bebas milih sendiri

#foto dari om google juga…

yang mau lebih jelas tentang nasi jamblang pelabuhan, tempatnya seperti apa, makanannya gimana, bisa serach aja di om google..

nasi jamblang pelabuhan ini juga enakkk.. rasanya lebih mantap dibanding nasi jamblang yang ada di pinggir2 jalan…

harganya sekali lagi juga super duper murahhh.. rata2 1 lauk IDR 500 – 1000,-, mau perkedel, ikan asin. tahu, dll rata2 harganya samaa.. kecuali cumi (sontong hitam), ayam, ikan.. ya itu pasti lebih mahal…

total kerusakan kita makan ber 5 ama si Giselle (cece gak mau karena udah kenyang makan di hotel), ya gak mahal2 juga, gak sampe 50rb deh seingetku…

Puasss dehh udah makan sega jamblang 2x hehehe

Kelar makan nasi jamblang pelabuhan, kita kembali ke hotel untuk siap2 cek out & pindah ke aston… sebelumnya mampir ke pasar pagi dulu untuk beli kerupuk mares “cap Arief” kedoyanannya si mama😀

NASI LENGKO & SATE KAMBING :

sebelum ke Aston, kita mampir dulu untuk makannnn lageee.. hehehe, kali ini sasaran kita nasi lengko & sate kambing…, kombinasi yang sempurna dari salah satu kulines khas Cirebon. waktu itu dari uma sukalila hotel kita langsung menuju tempat nasi lengko yang akong pernah tunjukin, dipinggir kali (depan pasar pagi) tapi ternyata tutup sodara2..😦

akhirnya kita makan yang di pagongan.., tapi belakangan kita baru tahu, ternyata kita salah tempat, harusnya di tempat satunya (yg pas letaknya di sebelah ayam goreng bahagia).

ditempat yang kita makan ini, kurang gitu sedep bumbunya…, pas aku sengaja beli 1 bungkus untuk makan di hotel (di tempat yg sblh ayam goreng bahagia.. nah itu lebih sedeppp.. dalam artian bumbunya lebih berasa..), tar next kudu makan yang di situ ahh…

nasi lengko warta kotanasi lengko.. terdiri dari irisan tahu, tempe goreng, ditambah tauge rebus, daun kucai dan disiram dengan bumbu kacang..

plus sate kambing muda…yg  bener2 empuk & haucee..

foto dari : warta kota

ohh iya buat anak2, makan siangnya beli ayam goreng Bahagia yang di pagongan.. hmmm si krucils ku itu pada doyan banget, enak katanya ayam gorengnya, secara pake ayam kampung kali ya…, plus beli sop ceker sayuran juga…

NASI JAMBLANG IBU PESEK & MIE KOCOK PASAR PAGI :

sepanjang siang kita istirahat di hotel aja.. ngadem sama tidurrr karena hari sebelumnya kan cape perjalanan jauh & macet gitu.. terlebih para cowo2 yang nyupir, mereka bener2 KO, tidur siang sepuas2nya dehh…

Sorean cece bangun.. minta berenang.. gak lama disusul si dede nya plus pasukan udah pada bangun, langsung pada berenang semua, kecuali mama & mba vina yang nungguin aja di pinggir kolam…

puas berenang, pada mandi dan siap2 cari makan malem..

tapi anak2 plus mba vina gak ikut, mereka nunggu di hotel aja..

Tujuan kita untuk kuliner malem ini adalah : nasi jamblang Ibu Pesek dan Mie Kocok kedoyanan si papa, 2-2nya di deket2 pasar pagi tempatnya..

asekkkk bener deh.. kali ini kesampean semua makan nasi jamblang yang kita mau.. si ibu pesek ini juga pas adaaa… hurrayyy…

sementara aku, titong & okta makan nasi jamblang, si papa nyebrang sendirian ke mie kocok…, he he he sorry ya pah kali ini istrimu membelot, gak makan sama2 dirimu.., soalnya udah ngidam dari lama nih ama si nasi jamblang bu pesek.. apalagi oseng kedelai hitamnya ituuu… mantapppp deh ahh.. bikin pengin lagi nihh😦

Setelah puas2 maka… kita jalan kaki ke alun2 yang pas lagi ada acara kayak pasar malem gitu.. rameee.. banyak yang jual2 makanan juga.., kita sih tetap mencari target yang memang kita udah incar2.. yaitu tahu gejrot dan es durennnn….,  dan sekali lagi sungguh  beruntung kita.. 2-2nya ADAAAA… hehehehe

gejrot duren

dalam sekejab ludess blass si tahu gejrot & es duren ini ke perut kita berempat..

tahu gejrot harganya 5rb / porsi

es durennya 9rb/porsi

murahhh meriahh wuenakkk…

Untuk anak2 makan malem, mereka minta dibeliin ayam goreng bahagia lagi.. he he he ketagihan yah kamu bedua…, jadinya abis dari alun2 kita menuju jl bahagia lagi untuk beliin makan maelam si 2 gadis..

dari situ langsung balik ke hotel dehh…

day 3 : Minggu 30 Jun 2013

bangun pagi, sarapan di hotelnya yang berlimpah ruahh makanan.. ampe bingung mau milih makanan apa, semuanya enak2.. he he

puas2in deh kita di restonya, sambil nungguin anak2 berenang, sambil ngupi, sambil nyemil, sambil nyantae.. muantapp dehh…

jam 12 siang kita cek out…

sebelum kembali ke jakarta, kita kembali ke pasar kanoman untuk borong tahu gejrot, titipannya iin, rosi & temen2 okta..

plus sekalian beli jeruk lagi.. tp ternyata beli yang ke 2 ini nggak semanis yang pertama beli.. nyesel dehh…😦

kelar dari pasar kanoman, kita makan siang di nasi jamblang (lageee), yaitu di nasi jamblang IBU NUR…

langsung kita meluncur kesana, letaknya nggak jauh dari tempat yang lama, cuma ini lebih gede dan full AC.. tapiii ajeubileehhh penuh bangettt ternyata tempatnyaaa…ampe antri yang mau ambil makanan..

mau gak jadi kok ya sayang, udah jauh2 gitu kan.. akhirnya disabar2in aja deh nunggu antriannya..

tapi untungnya nggak lama juga sih antrinya..

begitu giliranku.. sikattt booo.. nasinya 3 bungkus..! (bungkus2nya kecil2 loh ya.. bukan kayak nasi warteg) hehehe, tambah sambel goreng, tambah kedelai hitam, perkedel, ikan asin (gak boleh ketinggalan)😀

gak sia2 deh antri lama.. puas makan di nasi jamblang bu nur ini.. bener2 enakkk..

ya ada beberapa yang lbh enak di pelabuhan, ada beberapa yang lebih enak di bu nur ini.. masing2 enaknya sendiri2..

di Ibu Nur ini juga titong sempet bungkus2 buat dibawa pulang, pesenannya si mommynya nomi2 tuhh.. hehehe…

bu nur

@nasi jamblang ibu nur

foto dari om google jugaa

jamblang bu nurpenampakan dari depan

foto : sumber dari om google

dengan berakhirnya nasi jamblang di suapan terakhir mulutku.. berakhir pulalah petualangan kita 3 hari untuk kuliner di Cirebon…

kelar makan, langsung kita cabut balik ke jakarta.. tapi gak mau lewat pantura lagi.. lewat jalur bandung yang ternyata malah lebihh muacettttt hahahaha…

bener2 perjalanan yang melelahkan deh kali ini… muter2 ampe sumedang segala, sempet mampir makan tahu sumedang.. lolos sampe bandung, ehh di tol pasteurnya macet total berjam2… plus lanjut di tol kerawang juga macetnya parahh..

alhasil kita jalan dari Cirebon jam 2 siang, sampai dengan selamat di rumah jam 12 malem… xixixixi…

bener2 perjalanan yang bikin pantat teposs, untung gak sampe kempes…😀

Biarpun demikian, tetap tidak membuat kami kapok untuk kembali..kembali dan kembali lagii ke Cirebon tercinta..

walopun papaku sudah tidak ada, tapi tetap tidak akan pernah lupa untuk kembali ke Cirebon…

akhir kataaa.. akhir cerita….

Terima kasih buat temen2 juga yang aku pinjem foto2nya yaa.. makasih juga om google buat bantuannya..🙂

sayonaraaa….😉

One response to “Kuliner Cirebon….

1. Terima kasih atas maklumat awak nie… kalau saya kat depan awak..
    tentu saya dah cium tangan awak sebagai tanda terima kasih…🙂