Family Holiday – Manado Juli 2015 (Part 2)

Cerita ini adalah lanjutan dari SINI

Let’s GO.. segera saya lanjutkan saja cerita tentang mudik kita kemarin itu.. mumpung masih rajin nulis blog ini🙂

Three… Two…. One… and GO….!!😀

Day 3 – 16 Juli 2015

Hari ini tujuan kita adalah Danau Tondano.. danau terbesar di Sulawesi Utara..

Namun sebelum cuss ke sana kita mampir dulu di pangsit mie Tompaso tante Yenny, yang terkenal maknyuss.. untuk makan mie masaknya yang emang beneran wuenakkk…😀

manado trip 582

ini dia penampakan mienya.. uhuyy jadi penginnnn…🙂

daging b2 nya itu banyakkk boo.., dan sekali lagi lupakanlah diet dan kolestrol untuk saat ini.. sikat ajaaa..😀

Semua makan dengan lahap.. duo kiddosku juga doyan bener mie tompaso ini…

Harganya gak mahal juga.. entah lupa saya.. yang inget harga pangsit gorengnya Rp 1.000,- / pcs

Kelar makan mie, lanjutlah kita ke Danau Tondano.., perjalanan dari Tompaso kurang lebih 30-45 menitan gitu..

masuk tondano lewat boulevard tondano, jalannya bagus dan halus mulus..

manado trip 612

fotonya miring nihh hehehe…

Sampai di danau Tonadonya.. hmmmm jujur…agak sedikittt kuciwa.. karena dalam benakku danaunya seindah danau linow.. tapi ternyata tidak.. hanya danau biasa yang luassss tapi memang viewnya bagus dan di kelilingi gunung…dan disana banyak kerambah2 yang isinya peternakan ikan mujaer..

Sempet mampir ke rumahnya salah satu sodara si papi untuk ambil ikan nike (sejenis ikan teri kecil2), yang enak buat di bikin perkedel ikan.

Sampai sana, gak sempet foto foto di danaunya, tapi kita menuju ke kobong (kebun) punyanya temen bisnisnya papi, yaitu tante Yona & Om John..

ditengah2 kebun itu ada gubuk2an, dan disitulah kita nyantai sambil makannnn dan makannn (terusss) wkwkwk…

manado trip 586

kayak ginilah gubuk2annya.. sekelilingnya banyak pohon2an kelapa, dibelakang ada kebun cengkeh dll

tidak jauh dari gubuk2an itu ada beberapa Mata Air yang memancarkan terus menerus air bersih tanpa habis2nya.. (Ngebayang kalo di Jakarta, PAM mati semua pada resah, sedangkan disini air bersih dibuang2 saking banyaknya..)

dan ini adalah pengalaman baru buat kiddos, dimana mereka benar2 back to nature dan melihat bagaimana alam ciptaanNYA itu luar biasa..

manado trip 596

waktu baru sampai di tempat ini, saya agak ragu.. dan mikir.. kira kira 2 anak ini betah nggak disini..mau atau nggak makan plus main di kebun terbuka seperti ini..

tapi ternyata dan ternyata… malah mereka yang nggak mau pulang..!😀 Happy banget mereka.., main dengan doggy punyanya temennya si tante Yona.., udah gitu cari belalang, lari2an di kebun, makan jagung (milu) bakar yang aneh bin ajaib pas dimakan rasanya kayak jagung rebus, karena dibakarnya dengan kulitnya.. jadi dalamnya tidak hitam2 seperti jagung bakar yang selama ini kita sering makan.. unik, enak..dan sekali lagi jadi pengalaman baru buat si kiddosku..🙂

manado trip 591

nie dia milu bakar tapi rasanya seperti milu rebus (note : milu = jagung)

manado trip 592

seneng main sama doggy ini, doggynya juga nurut pulak😀

Tante Yona udah siapin makanan macam macam, mulai dari mujaer bumbu woku (ini dede nia doyan banget), bebek bumbu erwe, ragey (rageynya bener2 jumboooo), milu, nasi bungkus, dabu2, belom lagi kue2 khas manado, pisang goreng gohoro.. apalagi yaa.. banyak sampe lupa wkwkwk

Pokoknya intinya kita disana just ngobrol dan makan dan makannnn…😀

manado trip 605

Ragey jumbo sedang dibakar

manado trip 606

ini dia ragey jumbo nya wkwkwk, saya makan 2 potong aja gak habiss…

manado trip 608

nasi bungkus, mujaer bumbu garo, bebek bumbu erwe, dabu2 dan ragey.. nomnom

manado trip 610

perkedel ikan nike..

Dan foto foto ini berbicara tentang view dan keindahan alam tondano…

manado trip 585

 belakang terlihat danau tondano

manado trip 599

kobong (kebun) tante Yona dan om John, masih muterin gunung loh.. itu kebun milik mereka semua..

sangat sangat luasss

manado trip 595

with om John, sayang gak sempat foto dgn tante Yona

Ditempat ini, saya belajar bahwa hidup itu bukan melulu bicara soal harta, kemewahan atau tempat yang lux menurut ukuran manusia, tetapi lebih banyak bicara dan belajar tentang kesederhanaan, kekeluargaan serta relationship yang tidak bisa dibeli oleh uang dan harta.. bener2 suasana kekeluargaan yang sangat kental, mereka senang berbagi dan ramah.. bersyukur saya boleh ada di tempat ini…🙂. Padahal si tante Yona ini salah satu orang yang cukup kaya secara materi dan terpandang di daerah Tondano..

Sekitar jam 3 sore, kami pun berpamitan dengan tante Yona, om John dan keluarga.., itu pun kami masih disuguhi cemilan seperti pisang goreng goroho, kolak pisang dan kawan kawannya… huhuyy.. mau taro dimana lagi itu makanan.. secara perut kami sudah begah..😀

Dalam perjalanan pulang menuju tompaso, kami singgah lagi di kedai kopi kawangkoan😀, namun kali ini kami mampir di kedai kopi Sarina.. walau dalam kondisi perut begah, tapi kalo buat kopi dan biapong masih selalu ada tempat (kata si papa) hahaha..

berikut penampakannya :

manado trip 614Kopinya mantap, harga juga lebih murah, tapi biapong masih lebih enak di kedai gembira (menurut selera kami loh yaa..:))

kelar ngopi kita singgah ke tempat keluarga di tolok.. ke rumah tolok dan ketemu sodara2 disana..

Menjelang sore kita pulang ke Noongan, dan gantian kita singgah ke keluarga di Noongan.. makan malam di salah satu keluarga mami (kak Dian, sepupu si papa).

kembali disuguhkan ayam garo, ikan mujaer, pangi, ayam goreng dan lain2..

**benar2 temanya ‘Urusan Perut” selama di manado😀

kelar makan malam bersama, kami pun pulang ke rumah kak Yohan untuk berisitirahat….zzzzz…zzzz…zzzz..

nitee everibadi….

Day 4 : 17 Juli 2015

Pagi pagi bangun, kita sepakat mau sarapan Tinutuan (bubur manado) di Kampung Belanda..hehehe

Langsung meluncurlah kita ke kampung belanda, yang jaraknya tinggal lompat juga sampe… secara deket banget sama rumahnya kak Yohan..

manado trip 640Tinutuan & Miedal panas2 ditengah udara dingin.. plus sambal Roa dan perkedel Nike

minumnya teh manis panas.. benar2 muantappp😀

Makasih buat Hanly & Via yang selama kita disana selalu siapin makanan yang enak2..tanpa mau dibayar pulak..(jadi gak enak hati).. Tuhan yang membalas dan berkati kalian berlimpah2… amin..!

Kelar makan, kiddos langsung mancing ikan mujaer di kolam, sama si opa, Sera dan si papa plus Hanly..

hepiii bener si kiddos, dapet ikannya banyak pula..wkwkwk

manado trip 649

ini dia Serafim (Sera) anaknya Hanly & Via, yang selama kita disana seneng banget main sama cece Celyn & Giselle

Setelah puas mancing, akhirnya kita pamitan karena mau pergi jalan jalan lagi..

kali ini kita menuju “WATU PINAWETENGAN”, yaitu tempat bersejarah tentang asal muasal orang manado.., kisah tentang Toar & Lumimu’ut (nenek moyang orang manado). Disitu ada batu (watu) yang katanya dulunya digunakan oleh keturunan Toar & Lumimu’ut untuk meja persembahan.

Oh iya Lumimu’ut ini konon katanya adalah adik dari Toar.. jadi mereka menikah tanpa tahu kalo mereka adalah kakak beradik.

manado trip 654

manado trip 664

ini dia batunya..

manado trip 661

neng kecil ini seriuss sekali baca cerita sejarahnya.. dan dia baca bener2 sampai habis loh😀

manado trip 672

@pinawetengan

manado trip 663

Setiap upacara adatnya selalu bertepatan dgn Ultah Giselle yaitu tgl 07 Juli😀

manado trip 652

Neng gedeku di watu pinawetengan

dari watu pinawetengan, kamipun melanjutkan perjalanan.. yaitu ke Linow lagiii… wkwkwk.. entah kenapa saya dan si papa jadi kebayang2 teduhnya dan pisgornya D’Linow terus😀

sebelumnya.. mampir lagi di kedai kopi kawangkoan hahaha… kali ini di kedai kopi Glory-a..

manado trip 674biapongnya lebih kecil, harganya pun lebih murah tapi enakk loh biapongnya..lebih enak dari yang di Sarina, Celyn pun habis 2 biji hahaha..

kalo kopi masih tetap lbh enak gembira (sekali lagi menurut kami yaaa…)

Dan setelah puas ngopi kita langsung cusssss ke D’Linow..

sekali lagi tentang D’Linow sudah saya tulis terpisah DISINI

tapi berikut ini beberapa foto di D’Linow yang belum di upload di cerita sebelah.., saya upload disini ajah..

manado trip 688

Restonya D’Linow

manado trip 690

view keluar dari dalam Resto

manado trip 680

bisa main di air danaunya juga…

manado trip 702

sejauh mata memandang, yang terlihat hanya keindahan, keteduhan dan keasrian..

How great is our GOD..!!

rasanya masih malas beranjak dari D’Linow, namun apa daya.. karena si opa & papa udah kadung janji mau ketemu dengan sodara2 di Tolok plus ada undangan makan malam pula dari papa tua noongan..

akhirnya dengan berat hati, saya pun melangkahkan kaki keluar dari D’ Linow.. hiksss😦

perjalanan kita lanjutkan  menuju Tolok, kampung halaman si opa..

kali ini kita ke rumahnya oma Lelon (tante Elen, adiknya si opa).. nahh pas disini si kiddos langsung aja menuju belakang rumah oma Lelon yang dijadikan kandang babi.. apalagi kalo bukan mau liat itu babi2 lagi… wkwkwk

Ehh tapi, nggak disangka malah diajak ke peternakan babinya juga sama si Oma Lelon.. yang jaraknya gak terlalu jauh dari rumah oma Lelon..

Disitu ternyata lengkappp boo, ada peternakan sapi, babi, ayam, kuda juga…wadohhh udah kebayang kan gimana itu happynya si gadis2ku? secara mereka seneng bener sama yg namanya hewan…:D

Berikod inih foto2 di peternakan Tolok.. enjoy it..!😉

manado trip 718

dengan cueknya melongok ke kandang babi youth (alias babi yg masih remaja..) wkwkwk

baunya..? ajeubeilleh minjalikk.. emaknya aja ampe mau muntah! tapi dua anak ini cuek aja boo..ckckck

manado trip 715

ini babi yang masih nanggung alias pra remaja.. hahaha

manado trip 714

tuu 2 anak ini kagak ada jijik2nya sama sekali..

Dikandang babi ini lengkap.. ada babi mulai dari masih kecil, sampe emaknya babi yang mau melahirkan juga adaaa.. cuma sayang ini dicari2 fotonya kok nggak ada, sepertinya kehapus..😦

Dua anak ini hepi bisa lihat babi mulai yang kecil sampe yang raktata (emak & babenya babi)😀

Setelah dari kandang babi, lanjut poto ma si moooo alias sapi..😀

manado trip 724

manado trip 720

With Oma Lelon (Tante Elen)

manado trip 725

ditengah jalan saat kita mau keluar dari peternakan, mobil kita dihalangi oleh kuda jumbo.. hihihi

beneran serasa di taman safari, tapi bedanya ini gratisss dan tidak ada binatang buas..

**Benar benar BACK TO NATURE…🙂

sayang kami tidak sempat mampir di peternakan ayam, karena hari sudah mulai gelap.. jadinya kita mampir di rumah dari pak Meiki dan ibu Grace yang adalah kolega si papi dan pejabat pemerintahan terkenal disana, yang masih ada hubungan sodara juga dari pihak si papi..

rumahnya asik lohh, lokasinya di tengah2 peternakan gitu, tapi mewah.. bersih dan nyaman banget.., kita mampir di pendoponya..

disini dua bocahku dikasih main anak anjing again, yang Ibu Grace keluarkan dari kandangnya,,,. respon dua gadisku? ya girang bangetlah mereka..! wkwkwk.. secara anak doggynya lucuuu…

manado trip 730manado trip 728

ibu Grace (baju oren)

setelah bincang bincang sejenak dengan pak Meiki dan keluarga, kitapun mohon pamit karena masih harus ke rumah papa tua Noongan untuk makan malam disana…

malam ini adalah malam terakhir kita menginap di Noongan.. karena 2 hari terakhir di manado kita nginap di hotel di kota manado (Aston & Aryaduta)..

Singkat cerita sampailah kita di rumah papa tua Noongan.. wahhh tanpa ba bi bu.. kita langsung sikat semua makanan disana, secara kita sudah pada lapar berat.. hahaha

makanannya bener2 TOP lohh, yg masak chef Hentje sepupunya papa juga dari pihak oma.. jago sekali dia masak makanan manado…

sayang gak sempat foto makanannya.. karena udah kalap😀

menunya : bebek bumbu erwe, ayam garo (woku), ikan cakalang dan dabu2.. itu pun sudah sedap dan nikmatnya luar biasa.. sampai Giselle tidak mempedulikan makanan itu pedes banget, dia makan dengan sangat lahap bahkan sampai nambah berkali kali.. wkwkwk

yang pasti makanan seperti ini lebih sehat, karena home made, banyak menggunakan rempah2, tanpa MSG atau pengawet makanan..

Benar benar makan besar terusss kita selama disana😀

Kelar makan malam, kita kembali ke rumah kak Yohan yang jaraknya hanya beberapa meter saja dari rumah papa tua..

setelah bersih2 badan, kembali kita beristirahat disitu…

**Last night at Noongan…

andai waktu bisa diputar ulang (kata si cece…)

But always Thanks GOD for YOUR blesses…

Bersambung ke Part 3….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: